Pengertian, Fungsi dan Jenis – Jenis Lan

Selamat Datang kembali di Blog wira. Postingan kali ini saya akan berbagi Pengertian dan Jenis – Jenis Lan. Teknologi yang paling banyak di gunakan dalam jaringan LAN adalah teknologi IEEE 802.3 Ethernet di mana hardware yang di gunakan biasa di sebut LANcard Pada sebuah jaringan LAN, kecepatan transfer datanya dalam kisaran 10, 100, atau 1000 Mbit/second. Teknologi yang paling banyak di gunakan dalam jaringan LAN adalah teknologi IEEE 802.3 Ethernet di mana hardware yang di gunakan biasa di sebut LAN card.

Pengertian LAN card

LAN adalah sebuah jaringan komputer yang hanyamencakup wilayah kecil. Jaringan LAN biasanya hanya mencakup satu gedung ataurumah, misalnya jaringan LAN di kantor, hotel, bandara, warnet, atau di dalam rumah.Pada sebuah jaringan LAN, kecepatan transfer datanya dalam kisaran 10, 100, atau 1000Mbit/second.

Fungsi LAN card

Fungsi LAN card atau fungsi ethernet card adalah untuk menghubungkan antara komputer satu dengan yang lainnya dalam sebuah jaringan LAN, melalui LAN ini setiap komputer dapat saling bertukar data maupun mengakses perangkat keras seperti printer, tentu saja untuk dapat saling bertukar informasi antar komputer di perlukan setting-tertentu.Saat ini banyak jenis dan merek dari LAN card yang tersedia di pasaran, untuk menggunakannya tentu saja harus kompatible dengan motherboard dan menginstal software drivernya.

Jenis Lan Card dan Pengertianya

Mengenal Jenis-jenis Kartu Jaringan Untuk Koneksi Baik Jaringan Kabel maupun Jaringan Wireless Kartu jaringan merupakan salah satu perangkat jaringan yang bekerja pada layer Physical dan Data Link pada model referensi OSI, yang menghubungkan komputer dengan perangkat jaringan lainnya yang umumnya berupa Switch LAN.

Kartu LAN ini dikoneksikan ke Switch melalui media kabel jaringan, yang umum sekarang ini adalah kabel UTP Cat5e (kabel standard UTP yang mendukung kecepatan Gigabit).

Pada umumnya kartu jaringan ada yang sudah built-in dengan Motherboard dari komputer atau laptop, akan tetapi banyak komputer rakitan sendiri tidak memasukkan kartu jaringan pada motherboardnya, jadi anda harus membeli sendiri kartu jaringan tersebut – hanya bila anda akan menggunakan komputer tersebut terhubung dengan system jaringan local.

Baca Juga:  Mengatasi Laptop Tidak Bisa Masuk Windows

PCI Adapter

PCI (Peripheral Component Interconnect) adalah bus yang pada awalnya didesign untuk menggantikan Bus ISA/EISA yang dipakai dalam system komputer IBM. Dirilis pertama kali tahun 1992 dan masih banyak dipakai sampai sekarang ini untuk komputer desktop yang mempunyai slot PCI tentunya. Dari jenis adapter jaringan ada dua macam pemakaian yaitu yang untuk adapter jaringan kabel dan untuk adapter jaringan wireless atau jaringan nirkabel. Gambar berikut menunjukkan slot PCI pada motherboard komputer dan kartu jaringan PCI untuk LAN dan untuk wireless.

USB Adapter

USB (Universal Serial Bus) adalah standard Bus serial yang mempunyai design asimmetris dan di design sebagai slot yang sangat praktis untuk menghilangkan perlunya tambahan slot PCI pada komputer. USB mempunyai kemampuan PnP (Plug and Play – pasang dan mainkan) sehingga saat dipasang di komputer tidak memerlukan suatu reboot komputer. Kartu jaringan wireless USB, yang banyak dipakai karena sifatnya yang praktis dan banyak dipakai untuk kartu jaringan wireless. Tidak ada kartu jaringan LAN yang memakai slot USB kecuali yang dari jenis wireless. Kartu jaringan wireless ini ada beberapa macam tergantung standard technology yang digunakan

CardBus /PCMCIA

1

Kartu jaringan Cardbus atau PCMCIA yang dipakai pada slot Cardbus atau PCMCIA dari notebook. Kartu jaringan dari jenis Cardbus ini lebih banyak dipakai untuk kartu jaringan wireless juga, walaupun pada awalnya banyak diproduksi adapter LAN dengan speed 10 Mbps di era laptop jaman dulu yang tidak dilengkapi dengan kartu jaringan onboard, sekarang sudah tidak ada lagi dipasaran untuk Cardbus kartu LAN 10 Mbps. Sekarang kartu jaringan Cardbus banyak dipakai untuk kartu jaringan wireless baik dari standard 802.11b/g/n.

ExpressCard

1

Kartu jaringan dari jenis ExpressCard adalah jenis baru yang mulai banyak diadopsi oleh notebook belakangan ini mulai akhir tahun 2006-an. Keuntungan utama dari technology ExpressCard dibanding CardBus adalah peningkatan bandwidth yang sangat dramatis dibanding technology Cardbus. Kenapa begitu? Kartu jaringan ExpressCard mempunyai koneksi langsung kepada system bus melalui suatu jalur X1 Express PCI dan USB 2.0, sedangkan Cardbus menggunakan controller interface yang hanya memakai interface PCI.

Baca Juga:  Cara Mendapatkan Skema Laptop

ExpressCard mempunyai kapasitas keluaran bandwidth maksimum sampai 2,5 Gigabit per second melalui PCI Express dan keluaran dari USB 2.0 sampai 480 Mbps khusus untuk masing-2 slot ExpressCard. Sementara untuk Cardbus menggunakan share bus dengan keluaran maksimum sampai 1,06 Gigabits per second saja secara sharing bersama-sama. Sementara itu, power yang dipakai hampir separuh (1.5 V dan 3.3 V) dari power yang dipakai Cardbus (3.3 V dan 5.0 V).

Hampir semua komputer desktop maupun notebook sudah dilengkapi dengan adapter kartu jaringan, khusus untuk laptop atau notebook disamping dilengkapi adapter onboard NIC, mereka juga sudah dilengkapi dengan Wi-Fi baik yang berbasis 802.11B/G maupun yang seri terbaru sudah dilengkapi dengan Wi-Fi berbasis 802.11N yang juga compatible dengan 802.11B/G.

PCI Express USB 3.0 Adapter

1

Gb 5 PCI Express USB 3.0 adapter Sejak 2006, sudah mulai banyak produk computer yang melengkapi motherboardnya dengan PCIexpress dengan tersedianya slot PCIe. Sekarang ini banyak produk yang memanfa’atkan slot PCIe ini antara lain USB port PCI Express adapter. PCIe adapter ini mengusung port USB 3.0 SuperSpeed. Lihat juga mengenal lebih dekat USB 3.0.

Salah contoh dari adapter PCIe USB 3.0 ini adalah TRENDnet 2-Port USB 3.0 PCI Express Adapter TU3-H2PIE. USB 3.0 ini PCI adapter ini mempunyai 2 port type A yang bisa digunakan pada komputer yang mempunyai slot PCI Express. Adapter ini dilengkapi dengan konektor power dari PC 4-pin untuk memberikan kekuatan power kepada perangkat USB yang terhubung kepada USB portnya.

Kecepatan data transfer sungguh luar biasa sampai 5 Gbps lebih dari 10 kali lipat kecepatan transfer rate dari USB 2.0 yang hanya sampai 480 Mbps. Tentunya port USB ini bisa dipakai juga (compatible) dengan perangkat USB type 2.0. Tentunya kalau dpakai pada perangkat USB 2.0 kecepatannya yach mengikuti jenis USB 2.0. Jadi kecepatan transfer rate bisa maksimum jika menggunakan perangkat USB 3.0 juga misal external Hard disk dari Iomega eGo 2 TB USB 3.0.

Baca Juga:  Cara Cek Suhu Laptop

Gigabit lan card

1

spesifikasi

  • 1,000M auto – negotiation LAN card
  • Supports 32bit PCI bus unit
  • Complies with the IEEE802.3 10Base – T, IEEE802.3u 100Base – TX,
  • IEEE802.3ab 1000Base – T standards
  • Supports CSMA / CD protocol
  • 1 x 10 / 100 / 1,000Mbps auto – negotiation RJ45 port
  • Supports 32bit, 33 / 66MHz PCI bus unit
  • Supports 10 / 100Mbps half / full duplex mode, 1,000Mbps full duplex mode
  • Supports IEEE802.3x full duplex flow control
  • Supports sending and receiving of Jumbo frame at 1,000Mbps
  • Compatible with PCI2.1 and PCI 2.2 standards
  • Auto – matching MDI / MDIX
  • 1) Self – setting IRQ and I / O port address
  • 2) built – in separate FIFO buffers
  • LED indicators: 1 x 10M ACT, 1 x 1, 1 x 100M ACT, 000M ACT
  • Driver: Novell NetWare 4.2, 5. x and 6. x, Microsoft
  • Windows98 / 98SE / NT / Me / 2000 / XP, Linux

RTL8139C PCI

1

Spesifikasi

3Com 900B - TXM 10MB Fast Lan adapter.
Media: 10BASE-
Connectors: RJ - 45
Bus: 32 - bit PCI
Operating distance (10BASE - ):
1) IEEE compliance: 802.3, 802.3u, 802.2, 802.1p, 802.1Q, 802.1 GMRP
2) Standards compliance: PCI 2.1 / 2.2, PC99, DMI 2.0, WfM 2.0, ACPI 1.0, RWU, PXE
Drivers: NetWare 3. x / 4. x / 5 Server, Requestor for OS / 2, ODI Client, Packet Driver;
VINES; Windows Me / 2000 / 9x / NT

10/100M PCI LAN

1

Type : Wired
Interface : PCI
Application : Desktop
Transmission Rate : 10/100 Mbps
Place Of Origin : Guangdong China
Brand Name : TEHSKY
Model Number : TS-NC102

Itulah Pengertian, Fungsi dan Jenis – Jenis Lan. Semoga apa artikel ini bisa membantu teman-teman semuanya. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini dan sampai jumpa di artikel menarik berikutnya. Jika ada rekan yang akan meralat dan ada pertanyaan, sila diskusi di komentar! Tapi, apabila pertanyaannya merupakan jabaran secara spesifik langkah di atas, maka aku pending. Karena InSya Allah, secara sedikit demi sedikit akan aku posting pada waktu berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *