Garis Besar Cara Servis Laptop

Selamat Datang kembali di Blog wira. Postingan kali ini saya akan berbagi Garis Besar Tahapan Servis Laptop. Berikut ialah langkah servis laptop secara garis besar, yang berdasarkan aku benar. Untuk secara spesifiknya, ikuti terus postingan-postingan aku berikutnnya! InSya Allah dibahas tiap rangkaian pada motherboard laptop.

  1. Bongkar semua peripheral, sisakan motherboard + tombol switch + colokan adaptor.
  2. Analisa fisik komponen yang sekira berbeda dibanding komponen sejenis lainnya, dalam hal warna dan bentuk. Jika ketemu, cari tahu apakah komponen tersebut rusak, dengan cara mengukur resistansinya. Jika rusak, ganti!
  3. Cari tahu apakah “sistem power always” (kebanyakan laptop berupa sistem regulator 19v, 15v, 5v, dan 3v) ada yang konslet? dengan cara mengukur impedansi pada rangkaian tersebut, Jika ada maka cari biang masalahnya.
  4. Pasang prosesor & ulangi langkah poin 3. Karena beberapa laptop meng-ikut sertakan prosesor sebagai salah satu syarat bekerja “sistem power always”.
  5. Berikan tegangan 19v.
  6. Periksa apakah “sistem power always” yang tersebut pada poin 3, hadir semua? Jika tidak, maka cari biang masalahnya.
    Untuk beberapa laptop, ada sedikit perbedaan sistem, yaitu:
    – Sistem power always 5v merupakan “tegangan tunda/suspend” (keluar sehabis tekan tombol switch.
    – Sistem power always 3v merupakan “tegangan tunda/suspend” (keluar sehabis tekan tombol switch). Untuk menghidupkan EC dan SB memakai 3v yang berjenis LDO.
  7. Tekan switch dan lihat respon arus.
    a. Jika tidak ada respon pada arus, periksa rangkaian on.
    b. Jika arus naik dan berhenti, periksa rangkaian “tegangan suspend”, rangkaian “transformasi tegangan” dan BIOS.
    c. Jika arus naik dan jatuh, Periksa rangkaian menyerupai poin 7b, ditambah SB dan Prosesor.
    d. Jika arus normal namun tidak tampil, maka periksa komponen-komponen yang merupakan pengolah data. Apa sajakah itu? Coba cari tahu dengan gugling yaa! Biar asyik.
    e. Jika arus normal namun hdd tidak terdeteksi, periksa HDD tersebut, BIOS, rangkaian catu daya harddisk, dan komponen pengolah data harddisk.
  8. Laptop tampil normal, namun beberapa ketika (tidak hingga 25detik) mati lagi. Periksa BIOS & semua sistem perlindungan (temperatur, discharge, & current sense).
  9. Laptop tampil normal, selang agak lama (lebih dari 5 menit) laptop mati. Periksa sirkulasi udara & sistem pendinginan udara.
  10. Laptop tampil normal, namun ada beberapa fitur tidak berfungsi, seperti: Sound, wifi, mouse, keyboard, webcam, dll. Periksa software (OS & driver), juga rangkaian regulator sebagai catu daya & pengolah data pada rangkaian fitur yang bermasalah tersebut.
Baca Juga:  Cara Memperbaiki Mosfet Charging Acer Aspire 4738

Itulah Garis Besar Tahapan Servis Laptop. Semoga apa artikel ini bisa membantu teman-teman semuanya. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini dan sampai jumpa di artikel menarik berikutnya. Jika ada rekan yang akan meralat dan ada pertanyaan, sila diskusi di komentar! Tapi, apabila pertanyaannya merupakan jabaran secara spesifik langkah di atas, maka aku pending. Karena InSya Allah, secara sedikit demi sedikit akan aku posting pada waktu berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *